Selasa, 17 November 2020

PERJALANAN YANG TAK TERLUPAKAN

 


RESUME BELAJAR MENULIS : BAGIAN KE 19


Alhamdulillah tak terasa malam ini  kegiatan pelatihan menulis bersama Om Jay gelombang 16, sudah hampir memasuki penghujung palatihan, karena malam ini telah memasuki pelatihan yang ke 19 Seperti biasa kegiatan pelatihan dimulai jam 19.00 wib s/d 21.00 Wib. Narasumber malam ini Bapak Taufik Hidayat, S.E, S.Si, M.Si. beliau adalah seorang Dosen, penulis buku yang sudah berkeliling 70 negara dan 5 benua. Dari awal pertemuan ada banyak tanda tanya di benakku. Ada suatu yang membuatku penasaran saat  narasumber berkenalan dan mengatakan telah kelilling ke 70 negara dan 5 benua, sungguh luar biasa. Dalam hati bertanya “Siapa dia ? Hebat sekali, 70 negara telah di singgahi. Untuk menjawab rasa penasaranku , aku pantengin HPku tanpa satupun kalimat terlewati.

Malam ini narasumber  akan banyak bercerita tentang pengalaman  menulis berdasarkan perjalanannya. Dari suatu kisah perjalanannya,  bisa menjelma menjadi tulisan berbentuk artikel atau bahkan buku . Luar biasa, gumamku dalam hati. Menjadi suatu hal yang istimewa bagiku karena dari beliau berbagi pengalaman tersebut aku yang belum pernah berkunjung ke negara lain dengan  membaca  tulisannya seolah-olah aku juga berkunjung kesana dan ikut menikmati seluruh suasana di sana. Begitu banyak tempat yang dikunjunginya menjadi sebuah bahan atau ide untuk dijadikan sebuah tulisan. Pengalaman melakukan perjalanan  dan beliau tulis  dimulai dari tahun 2004, ada beberapa judul buku yang sudah beliau hasilkan dari perjalanannya ,diantaranya :

1.   Mengembara ke masjid-masjid di pelosok dunia

2.   1001 mesjid di 5 benua

3.   Jejak langkah menuju baitullah tahun 2020

4.   Tamasya kemasa depan

Melihat dari buku-buku yang sudah diterbitkan Pak Taufik Hidayat, mencerminkan beliau adalah sosok yang religius. Dari sini kita bisa belajar jika ingin diberi kemudahan dan keberkahan hidup maka dekatkanlah diri kepada sang pencipta. Maka hidup kita akan penuh dengan keberkahan. Menurut Pak Taufik agar perjalanan kita bisa menjadi sebuah artikel, sebaiknya kita dalam perjalanan melakukan hal berikut :

1.   Mengamati

2.   Membuat foto

3.   Diskusi wawancara

4.   Mencari informasi tambahan

5.   Mencari keunikan

6.   Merangkum dalam tulisan

 

Dari pelatihan malam hari ini  yang disampaikan oleh narasumber, kita dapat mengambil pelajaran bahwa kisah perjalanan kita bisa kita jadikan  sebuah tulisan yang menarik .  Tulisan tersebut bisa menjadi artikel yang bisa disimpan di blog atau dimuat di majalah- majalah. Dari artikel- artikel tersebut kita padukan dengan tema yang sama, nanti bisa dijadikan buku. Setiap membuat artikel dalam kisah perjalanan sebaiknya dilengkapi dengan foto- foto, supaya pembaca bisa ikut merasakan bahwa dirinya juga baru travelling ke tempat tersebut.

Ilmu yang dibagikan narasumber malam ini, tentu saja sangat bermanfaat bagi penulis pemula seperti saya. Ternyata menulis itu bisa diwujudkan dari perjalanan kita selama travelling. Hal ini bisa menjadi motivasi bagi saya  , narasumber yang selalu menuliskan setiap kegiatan dalam menjalankan amanah dalam tugasnya.

 

Salam Literasi…

Salam Guru hebat Indonesia…

 

 BUKU-BUKU BAPAK KARYA TAUFIK HIDAYAT





4 komentar:

  1. Resume yg baik, singkat tp padat... semangat terus bu Ning..

    BalasHapus
  2. Oke, ikut berkomentar. Kalau yang saya amati sih, spasinya masih banyak yang kelebihan. Harusnya satu spasi untuk antarkan, ada yang dua, bahkan lebih. Itu saja sih. Terima kasih.

    BalasHapus

WORKSHOP PENINGKATAN MUTU GURU

  Hari/tanggal      : Selasa, 9 September 2021 Narasumber     : Bapak Susanto, S.Pd (Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi PGRI Kab.Musi Raw...