Senin, 19 Oktober 2020

RESUME BELAJAR MENULIS : BAGIAN 6

 



BLOG-ku TEMAN CURHATKU

 

Alhamdulillah, sungguh bersyukur atas segala nikmat yang telah di berikan oleh Allah Subhanahu wata’ala. Dan bersholawat kepada Rosulullah  shallaAllahu ‘alaihi wassallam yang menjadi suri teladan bagi seluruh umat manusia. Ketika mengingat anugrah yang Allah berikan kepadaku , aku ingin mengatakan bahwa “Yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin” . Alhamdulillah sampai malam hari ini saya masih  bertahan mengikuti kelas menulis ini. Yang awalnya saya sempat ragu akan kemampuanku. Pada kesempatan kali ini dalam kelas menulis menghadirkan seorang  narasumber yang luar biasa, beliau adalah Bapak Bambang Purwanto atau lebih akrab di sapa Mr.Bams.” Tak dekat maka tak sayang” demikianlah kata pepatah yang mengawali tulisan saya kali ini.  Untuk mengenal lebih dekat dengan beliau sang pembawa kalimat bahagia, demikian saya sampaikan profilnya.

 




Mr. Bams mengawali hari ini dengan membuat kalimat Bahagia. Kalimat Bahagia yang di sampaikan Mr.Bams merupakan kalimat penyemangat/ motivasi buat semua orang. Kalimat bahagia bisa terdiri dari satu kalimat ataupun berupa paragraph, yang bertujuan untuk membuat orang merasa bahagia dan lebih semangat. Kalimat bahagia Mr. Bams beliau tuangkan dalam sebuah Blog. Blog merupakan sarana untuk menulis. Blog akan menjadi media untuk mendokumentasikan tulisan kita berdasarkan pengalaman, hobi, pekerjaan, atau latar belakang kehidupan. Blog juga bisa kita jadikan tempat “curhat” kita bisa menuliskan apa isi hati kita, apa yang ada di pikiran kita. Tapi sebagai penulis pemula seperti saya tidak mudah mengelola blog. Dari pertemuan malam hari ini narasumber memberikan banyak ilmunya dalam per-Blooger-an. 

 

Mr. Bams juga aktif mengembangkan gerakan literasi diberbagai komunitas Ternyata kegiatan literasi bisa di terapkan di manapun. Selama ini mungkin kita berpikir ,bahwa literasi identik dengan di sekolah saja, ternyata tidak. Kegiatan Literasi tidak hanya bisa dilakukan  dengan membaca buku saja, menyanyi, menulis kalimat bahagia, membuat puisi, membaca Alquran itu juga merupakan kegiatan Literasi. Demikan disampaikan tentang gerakan Literasi oleh M.Bams.



Mr. Bams mengungkapkan bahwa dalam mengelola blog harus mau belajar dengan tekun, rajin berlatih, harus sabar, konsisten, mau mencoba sesuatu yang baru .Berikut  di sampaikan langkah awal menulis di blog menurut Mr.Bams :

1.    Mengetahui cara mengelola Blog

2.    Belajar posting di blog

3.    Menyimpan tulisan di word terlebih dahulu, baru dipos di blog

4.    Memulai menulis dari apa yang kita sukai.apa yang kita rasakan, apa yang ada di benak kita

5.    Komitmen untuk tetap  menulis  sepanjang hayat

6.    Sering membaca buku

7.    Sering melakukan Blog Working (BW)

 

Cara mengelola blog yang baik agar mudah dikenal banyak orang :

1.     Rajin posting

2.     Rajin share di media sosial yang kita miliki (WA, IG, Facebook)

3.     Menguasai tampilan di blog

 

Di penghujung pertemuan malam hari ini, Mr Bams meninggalkan sebuah tulisan yang penuh makna :

 

1.      Menulislah dengan ketulusan. Jadikanlah menulis sebagai cara memanjakan umur kita, boleh kita meninggal akan tetapi tulisan kita bisa dikenang sepanjang zaman.

 

2.      Jadikanlah blog sebagai media penyimpanan tulisan ,teruslah belajar mengelola blog yang disukai.

 

3.      Berlatih menulis secara terus menerus  dan simpanlah di blog.

 

 

 

Terima kasih Mr.Bams

Pesanmu akan selalu kuingat

Langkah penamu membuatku bergeliat

Kalimat bahagiamu penuh isyarat

Untuk semua yang ingin bergulat

Di kelas menulis yang penuh manfaat

 

Salam Literasi

Salam Guru Habat Indonesia

 

 

     

8 komentar:

  1. Resume yang bagus bu. lanjutkan...

    BalasHapus
  2. Wah lengkap sekali resumenya... tamoilannya juha cantik... sukses bu...

    BalasHapus
  3. Bu mohon ijin, kenapa gk coba pake tampilan seluler agar enak bacanya terutama yg oame hp

    BalasHapus
  4. Resume yang mantap, Bu Ning. Tinggal sedikit perbaikan untuk kesalahan pengetikan. Tabik. 🙏

    BalasHapus
  5. Hebat semangat pantang mundur

    BalasHapus

WORKSHOP PENINGKATAN MUTU GURU

  Hari/tanggal      : Selasa, 9 September 2021 Narasumber     : Bapak Susanto, S.Pd (Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi PGRI Kab.Musi Raw...